Kerja itu Ibadah

Postingan yang lalu-lalu selalu saya uraikan bahwa kita sebagai manusia pasti ada salah dan lupa, dan posting kali ini saya akan menguraikan bahwa kerja itu adalah ibadah.

Ibadah adalah salah satu cara mendekatkan diri kepada tuhan yang maha kuasa, baik dengan cara ritual maupun dengan cara lain seperti bekerja. Dulu pernah saya uraikan bagaimana cara menjemput rezeki, menjemput rezeki itu bisa kita lakukan dengan cara Ikhtiar/kerja, berdoa dan beribadah.

Nah saat ini mari kita coba menguraikan bahwa kerja itu termasuk ibadah, namun bukan berarti semua pekerjaan itu bisa dinilai sebagai ibadah. Bekerja seperti apa ya yang termasuk ibadah? tentu pekerjaan yang benar, dengan cara yang benar, dan sikap juga tentu harus dengan sikap yang benar pula.

Yang pertama adalah Niat, jika anda ingin pekerjaan anda termasuk kerja dalam ibadah maka mulailah segala pekerjaan itu dengan niat yang benar, yang sesuai dengan tuntunan agama.

Yang kedua yaitu Cara, jika cara kita bekerja awalnya salah maka tidak mungkin kerja kita dinilai sebagai ibadah walaupun niat kita sudah benar. setiap pekerjaan tentunya ada cara bekerja dengan benar sesuai peraturan yang ada dibidang pekerjaan kita. Jika kita mengawali niat yang benar maka ikutilah dengan cara yang benar dalam bekerja atau berikhtiar.

Yang ketiga ialah sikap, Sikapilah semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu dengan sikap yang benar. walaupun niat sudah benar, carapun sudah benar namun jika sikap kita belum benar itu akan merusak dari cara yang sudah benar dan akan menguapkan semua niat yang benar dan akan menghapuskan nilai-nilai ibadah dalam bekerja.

Sebagai contoh kerja tanpa ada nilai ibadah atau menguapnya nilai ibadah dalam bekerja, hal ini sering kita dengan dan kita saksikan banyak orang yang bekerja tanpa diiringi dengan niat, sikap, dan cara yang benar, seperti apa sih contohnya : Seperti ini lho shobat….

Anda bekerja di kantor, atau badan anda dikantor tetapi hati dan pikiranya diluar kantor, sering menjelek-jelekan atasan dan rekan sekantor, bahkan sering bergunjing tentang kantor.

Anda tidak peduli dengan masalah-masalah kantor yang tidak berhubungan langsung dengan diri anda, dengan alasan beda opsi atau beda devisi. Anda enggan menolong rekan sekantor, anda mementingkan office politic dari pada office performance. anda mejalankan politik kotor dikantor.

Anda Mendaftar kerja dengan menyuap, datangnya telat, pulangnya cepat, mengeluhnya tiap saat, kerjanya nyendat-nyendat, dan malasnya berlipat-lipat.

Ohh…masih ngaku kerja itu ibadah?….ya nanti dulu. Hahahaha,..kalau anda tidak melakukanya,..yach anda tidak perlu tersinggung, tapi jika anda tersinggung berarti anda akan bisa lebih baik, dan benar jika mau membenahi diri dalam bekerja.

Sekali lagi saya ingatkan bahwa kerja hanya akan bernilai ibadah jika kita iringi niat yang benar, sikap yang benar, dan cara yang benar. bukan sekedar kerja..kerja..kerja..Demikian pula dalam kita belajar atau yang sudah berbisnis.

Belajar dan mulai berbisnis dengan niat yang benar, satukan badan dan hati anda dalam bisnis anda, bersikaplah yang baik kepada semua rekan, dan mulailah dengan cara-cara yang baik yang sudah dilakukan oleh orang-orang yang sukses.

semoga bermanfaat bagi yang masih belajar maupun yang sudah memulai bisnisnya. Jika anda setuju boleh dishare dan yang tidak setuju silahkan komen.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s